20 Cara ampuh Menghilangkan Komedo secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami – Komedo merupakan salah satu masalah yang muncul pada wajah kita, tak hanya wanita saja laki-laki juga sering muncul masalah kulit seperti ini, komedo disebabkan oleh beberapa faktor yang kadang jarang kita sadari.

Sebelum kita mengetahui Cara menghilangkan komedo alangkah baiknya kita kenali dulu apa saja hal yang dapat menyebabkan munculnya komedo diwajah kita, supaya kita bisa mencegah dari pada mengobati.

Baca Juga 20 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah

Secara umum penyebab munculnya komedo karena keadaan kulit yang sering atau minyak berlebih sehingga membuat kulit anda mudah menempel kotoran atau debu maka akan terbentuk benjolan kecil di dalam pori-pori anda sehingga sangat sulit untuk dibersihkan.

Selain itu hal yang sering dilakukan oleh laki-laki adalah merokok, merokok pada malam hari pada ruangan tertutup bisa menyebabkan munculnya komedo pada bagian hidung anda, bahkan jika tidak anda obati bisa tambah parah karena anda merokok suatu kebiasaan yang sulit di hilangkan.

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami
Menghilangkan Komedo secara Alami

Nah, itulah beberapa penyebab komedo di wajah yang sering kita lakukan dan tidak kita sadari, dengan demikian kita bisa menghindari secara pelan-pelan, bagaimana cara menghilangkan komedo dengan cepat dan mudah? kami disini akan membagikan beberapa cara menghilangkan komedo diwajah secara alami, mudah anda lakukan lagi pula bahan yang anda butuhkan mudah ditemukan, berikut cara dan bahan alami yang dapat menghilangkan komedo.

1. Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang sudah diakui untuk kecantikan kulit, pada lidah buaya terdapat kandungan Auksin yang dapat menyembuhkan peradangan pada kulit sehingga mampu mengecilkan pori-pori anda, bagaimana cara membuatnya?

Baca Juga Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan kecantikan

Cara Membuat
Caranya cukup mudah, pisahkan lendir yang terdapat pada daun lidah buaya lalu oleskan pada wajah anda yang terdapat komedo, diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air bersih, lakukan secara rutin pada malam hari.

2. Menghilangkan komedo dengan buah Pepaya

Cara Menghilangkan komedo dengan buah Pepaya

Nah, ini dia khasiat dari buah pepaya, buah pepaya selain dapat dimakan, dijadikan sayuran segar, buah ini juga sangat bagus untuk kecantikan, tetapi buah pepaya yang sudah matang. salah satunya adalah bisa menghilangkan komedo dengan cepat, bagaimana cara mengolahnya?

Cara Membuat
Ambilkan beberapa potong buah pepaya lalu blander dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo, kandungan Papain pada buah ini sangat tinggi sehingga bisa mengangkat sel kulit mati dengan cepat, gunakan setiap hari secara teratur.

3. Menyembuhkan komedo dengan Susu dan Madu

Cara Menyembuhkan komedo dengan Susu dan Madu

Susu mempunyai kandungan anti bakteri yang tinggi sehingga bisa anda manfaatkan dengan mengolah susu dengan madu alami sehingga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk menghilangkan komedo.

Cara Membuat
Cara Menghilangkan Komedo dengan Susu dan Madu, anda bisa mengambil satu sendok makan Susu dan Madu lalu campurkan dan panaskan sekitar 2 menit saja aduk hingga kental tunggu sampai dingin lalu oleskan pada bagian wajah anda, gunakan secara rutin setiap 1 kali sehari, sampai komedo pada wajah anda hilang dan pori-pori kembali mengecil.

4. Menghilangkan Komedo dengan Gandum

Cara Menghilangkan Komedo dengan Gandum

Bagi kita yang tinggal di indonesia pasti tak asing lagi dengan yang namanya gandum, gandum biasanya digunakan untuk membuat Roti, pastinya banyak terdapat khasiat yang luar biasa, pada gandum juga terdapat kandungan vitamin B1 yang sangat tinggi, sehingga bisa bermanfaat untuk menghilangkan komedo secara alami.

Cara membuatnya
Tumbuk butiran Gandum atau anda juga bisa menggunakan gandum yang sudah halus biasanya ada dipasar atau supermarket, campurkan gandum dengan sedikit air bersih aduk hingga kental lalu oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat, anda juga bisa mengusap seluruh wajah karena gandum tidak berbahaya untuk kulit, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Kacang Kedelai 

Cara menghilangkan komedo dengan kacang Kedelai

Selain Gandum, Kacang kedelai juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo di hidung ataupun wajah anda, pada kacang kedelai terdapat beragam Protein yang tinggi dan mampu membersihkan kotoran pada pori-pori kulit wajah anda, sehingga mempu mecegah dan menghilangkan komedo dengan cepat.

Cara membuatnya
Untuk cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai, kita tak perlu menambah bahan lainnya cukup dengan mengandalkan kacang kedelai alami dan berkualitas baik, haluskan kacang kedelai dengan blander lalu gosok pada seluruh wajah anda, biarkan beberapa menit supaya kandungan kacang kedelai dapat di serap dengan baik oleh pori-pori kulit anda.

6. Kulit Jeruk

Cara Menghilangkan Komedo dengan Kulit Jeruk

Selain buahnya yang sangat bermanfaat, kulit jeruk juga sangat ampuh untuk menghilangkan komedo yang menempel pada kulit wajah anda, kandungan zat pada kulit jeruk sangat ampuh membersihkan komedo yang membandel secara alami.

Cara membuatnya
Kulit jeruk yang masih segar bisa langsung digunakan untuk menghilangkan komedo, caranya langsung saja anda tempelkan kulit jeruk yang sudah di potong kecil-kecil, biarkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat, maka bisa langsung anda lihat bekas komedo yang menempel pada kulit jeruk tadi, lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur.

7. Buah Pala Dan Susu

Cara Menghilangkan komedo dengan Pala dan Susu

Mungkin sebagian orang jarang mendengar bahwa pala dapat merawat kulit wajah, tetapi di negara-negara luar pala salah satu bahan utama untuk produk kecantikan, jika anda bisa mencoba pala untuk menghilangkan komedo, maka manfaatkanlah dengan mencampurkan pala dengan susu bubuk.

Cara Membuatnya
Haluskan butiran buah pala menjadi bubuk dan campurkan dengan bubuk susu lalu tambahkan sedikit air sehingga menjadi seperti pasta, dan oleskan pada seluruh bagian kulit wajah anda yang terdapat komedo, jangan lupa gosok secara perlahan pada area yang banyak terdapat komedo, seperti hidung, supaya komedo mudah terangkat dan kulit pun bersih kembali.

8. Garam dapur

Cara menghilangkan Komedo dengan Garam dapur

Garam tak hanya bermanfaat untuk bahan dapur tapi juga sangat ampuh untuk menyembuhkan atau menghilangkan komedo secara cepat, garam yang sering kita temukan di dapur mengandung banyak Yodium sehingga bisa menyembuhkan komedo secara alami.

Cara membuatnya
Ambilkan sedikit garam dan sedikit air lalu campurkan garam kedalam air hingga larut dan gosokan pada area hidung anda, hingga komedo terangkat, karena air garam akan kasar sehingga butiran komedo mudah terangkat, jika terjadi iritasi, hentikan pemakaian biasanya untuk pemakaian 2 kali komedo langsung hilang, mungkin tergantung kondisi kulit wajah anda juga.

9. Masker Putih telur

Cara Menghilangkan komedo dengan putih telur

Cara Menghilangkan komedo dengan putih telur sangatlah ampuh, karena secara umum putih telur banyak mengndung protein yang sangat tinggi yang mampu mengangkat komedo dan sel kulit mati dengan cepat dan mudah, bagaimana cara membuat masker putih telur?

Baca Juga Manfaat Putih telur untuk Perawatan Wajah

Cara membuatnya
Carilah 1 Telur ayam kampung, lalu pisahkan putih telur tersebut kocok hingga berbusa dan campurkan dengan sedikit air perasan jeruk nipis supaya bau amisnya hilang, Gosokan pada seluruh bagian wajah secara merata sambel memberi sedikit pijatan supaya komedo dapat terangkat, diamkan beberapa menit atau hingga kering lalu bilas dengan air hangat, jika masih terasa bau amis gunakan sabun pembersih muka.

10. Kayu Manis dan Kunyit

Cara Menghilangkan Komedo dengan Kayu manis

Bubuk kayu manis yang sudah di haluskan hampir sama dengan dengan bubuk pala, tetapi untuk lebih bagusnya bubuk kayu manis bisa dicampurkan dengan kunyit dan sedikit air perasan lemon, kandungan bahan alaminya bisa menghilangkan komedo dan jerawat di wajah anda, jadi tak ada salahnya anda mencoba bahan alami ini.

Cara Membuat
Haluskan kulit kayu manis menjadi seperti bubuk dan campurkan dengan air lemon dan perasan kunyit yang sudah di tumbuk halus hingga kental seperti pasta, lalu oleskan seluruh wajah anda sambil menggosok pada area yang banyak terdapat komedo misalnya dihidung pijat beberapa menit dan diamkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih dan lihat hasilnya.

11. Menggunakan Baking Soda

Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

Baking soda biasanya digunakan untuk membuat kue oleh para ibu-ibu tetapi kandungan bahan pada baking soda sangat efektif untuk menyingkirkan komedo pada area hidung anda, tetapi untuk penggunaannya juga perlu anda batasi karena dengan penggunaan berlebihan bisa berbahaya untuk kulit wajah anda, jadi hentikan penggunaan jika komedo sudah hilang.

Cara membuatnya
Campurkan baking soda dengan air bersih lalu aduk hingga larut dalam air, dan gosokan air tersebut pada area yang terdapat komedo saja, jangan gunakan seluruh wajah anda karena bisa menyebabkan iritasi, gunakan 2 hari sekali pada malam hari saja, jika sudah bersihkan dengan air secukupnya.

12. Pasta gigi

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Siapa sangka pasta Gigi yang di buat khusus untuk membersihkan kotoran pada gigi ternyata bermanfaat untuk membersihkan jenis kotoran di pori-pori wajah, selain itu manfaat Pasta gigi untuk menghilangkan komedo banyak yang mencoba dan berhasil, saya sendiri menghilangkan komedo di hidung dengan pasta gigi.

Cara Membuat
Ambilkan pasta gigi yang Mint dan oleskan pada area wajah yang terdapat komedo saja, usahakan penggunaan yang tipis supaya tidak membuat kulit wajah anda perih karena kandungan Mint pada pasta gigi sangat tinggi, gunakan pada malam hari selama 20 menit saja dan bersihkan dengan air dingin.

13 Menghilangkan Komedo dengan Es Batu

Cara Menghilangkan Komedo dengan Es Batu

Es batu yang sering di gunakan untuk membuat minuman segar ternyata bisa ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah dengan cepat, rasa dingin pada es batu bisa mengurangi wajah berminyak, penyebab utama wajah berkomedo karena minyak berlebih, maka es batu sangat ampuh untuk mengurangi minyak berlebih di wajah.

Cara Membuat
Ambilkan Es batu usahakan menggunakan es kristal pastikan bersih lalu bungkus es tersebut dengan kain yang lembut dan halus, lalu gosokan pada seluruh bagian wajah dengan lembut, kira-kira sekitar 20 menit, tetapi jangan di pendam usahakan dengan sangat santai dan tidak dipaksakan, gunakan pada malam hari.

14. Menghilangkan komedo dengan Uap Panas

Cara Menghilangkan komedo dengan Uap Panas

Uap panas memang terbukti dapat menjaga dan merawat kulit anda, terutama dari serangan antioksidan di siang hari, dengan memanfaatkan uap panas akan membersihkan noda-noda dalam pori-pori anda, sehingga komedo akan hilang, anda juga bisa mencegah munculnya komedo yang baru dengan uap panas.

Cara membuat
Panaskan air dan masukan ke dalam sebuah wadah tutup beberapa detik dan buka kembali sambil mendekatkan wajah anda dengan permukaan wadah tersebut dan mengenai Uap yang keluar, tahan uap tersebut beberapa detik hingga di serap oleh wajah anda. lakukan beberapa kali dan terakhir cuci wajah anda dengan air bersih, lakukan pada malam hari dan, lihat hasilnya.

15. Masker Tomat

Cara menghilangkan komedo dengan masker Tomat

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan masker Tomat? seperti yang kita katahui kandungan pada tomat hampir 75% Vitamin C, nah dengan vitamin C mampu menjaga kulit wajah anda dari radikal bebas atau debu-debu yang menempel pada pori-pori kulit. Tetapi penggunaannya yang teratur, babagimana cara membuatnya?

Baca Juga cara menghilangkan jerawat dengan Tomat

Cara Membuat
Cara membuat masker tomat untuk menghilangkan komedo secara alami sangatlah mudah, ambilkan 1 buah tomat merah yang masih segar, lalu pisahkan daging dan bijinya dan masukan kedalam blander, jika sudah tuangkan pada sebuah tempat dan oleskan pada seluruh wajah usahakan tidak mengenai mata, karena bisa perih, diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air dingin, gunakan pada malam hari sebelum tidur.

16. Daun Teh Hijau

Cara menghilangkan komedo dengan daun Teh

Daun Teh Hijau dari dulu hingga sekarang sudah diakui sebagai bahan utama produk kecantikan kulit, selain itu teh hijau juga sangat bagus untuk menghilangkan komedo secara alami, kandungan antiseptiknya dapat menyingkirkan kotoran dan bakteri penyebab komedo dan masalah kulit lainnya, Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan daun Teh?

Cara Membuat
Ambilkan beberapa lembar daun teh hijau yang masih segar, lalu tumbuk hingga halus dan campurkan sedikit air usahakan lebih halus seperti pasta dan bisa di oleskan langsung di seluruh wajah, teh hijau tidak berbahaya untuk untuk kulit, diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air dingin, gunakan secara teratur kira-kira 2 hari sekali.

17. Jangan memencet Komedo

Jangan memencet Komedo

Secara jelas memencet Komedo dapat menyebabkan iritasi pada kulit apalagi anda menggunakan ujung kuku yang sangat berbahaya, jika anda sering memencet jerawat atau komedo dengan ujung kuku akan membentuk bekas berwarna hitam sangat sulit untuk dibersihkan bahkan ada yang tidak bisa di sembuhkan karena lubang pori-pori yang besar, jadi apapun masalah kulit wajah usahakan untuk tidak memencet dengan benda apapun kecuali memang ada alat khusus yang bisa membersihkan kotoran dan komedo di wajah.

18. Hindari makanan berminyak

Mengobati komedo dengan menghindari makanan berminyak

Salah satu cara mencegah munculnya komedo dengan menghindari makanan yang mengandung minyak misalnya gorengan, karena salah satu penyebab utama munculnya komedo adalah karena kulit berminyak, jika sering mengkonsumsi makanan seperti gorengan atau sejenisnya kulit wajah anda akan mengeluarkan minyak berlebih, sehingga noda penyebab masalah kulit wajah akan mudah menempel lama-kelamaan akan terbentuk menjadi jerawat dan komedo.

19. Hindari Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Hindari Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Kulit wajah yang sering menggunakan alat kosmetik yang belebihan akan rentan terhadap masalah, misalnya menggunakan pemutih dalam bentuk bedak cair, dan menempel seharian di kulit wajah anda, bayangkan apa yang terjadi dengan pori-pori kulit wajah anda, memang iya kelihatan cantik dan bersih jika dilihat seketika, tetapi jika anda tidak menggunakannya lagi akan membuat wajah anda rusak dan berlubang. Apalgi bagi anda yang menggunakan kosmetik pada malam hari pada saat tidur, pori-pori anda akan tertutup, jadi untuk lebih aman dan lebih terhindar dari komedo, jangan gunakan kosmetik berlebihan cukup sekedar saja. dan pada tidur malam jangan lupa bersihkan wajah anda terlebih dahulu.

20. Sering Membersihkan Wajah

Sering membersihkan Wajah

Salah satu cara terbaik menjaga kesehatan wajah adalah dengan cara sering membersihkannya, walaupun dengan air bersih saja, tetapi untuk lebih maksimalnya usahakan untuk menggunakan sabun pembersih muka supaya kotoran dan noda akan terangkat dengan mudah sehingga kulit wajah bersih terawat dan bebas dari komedo, bagi anda yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan usahakan mencuci muka minimal 2 kali sehari, dan jangan lupa saat malam hari menjelang tidur.

Baca Juga Cara merawat Wajah secara Alami

Untuk saat ini begitu banyak kaum pria dan wanita yang jarang mengetahui manfaat dari bahan alami, karena mereka lebih mengutamakan produk kecantikan yang terdapat di pasaran walauppun mereka belum tahu kandungan di dalamnya, memang iya, semua orang ingin proses penyembuhan yang cepat dan instan tanpa harus menggunakan berulang kali, tetapi yang namanya bahan alami jika berhasil akan memberikan kepuasan yang lama walaupun penggunaanya sedikit lama.

Itulah beberapa bahan alami yang sangat bagus untuk menyembuhkan komedo pada wajah anda, bahan-bahan ini sangat mudah ditemui dan tidak menyebabkan efek samping. pada saat anda melakukan perawatan untuk menghilangkan komedo usahakan membersihkan wajah setiap 2 kali dalam sehari supaya wajah anda tidak terdapat kotoran debu, apa lagi anda yang sering menggunakan Make-Up bersihkan secara menyeluruh pada malam hari, semoga bermanfaat.

One Response

  1. Service AC Panggilan Sidoarjo May 19, 2017

Add Comment