9 Bahan Alami untuk Mengatasi Obesitas

Bahan Alami Untuk Mengatasi Obesitas – Kelebihan lemak di dalam tubuh umumnya menyebabkan penambahan yang besar pada berat badan kita. Kelebihan lemak dalam tubuh ini bukan hanya mempengaruhi penampilan dan mengurangi rasa percaya diri Anda, namun juga membahayakan kesehatan Anda. Tahap kronis dari kelebihan lemak dalam tubuh ini disebut dengan obesitas. Obesitas sendiri dapat menjadi komplikasi dan memicu berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, kanker, tekanan darah tinggi, dan masih banyak penyakit lainnya.

Membiarkan obesitas terjadi sama saja dengan membiarkan penyakit bersarang di tubuh Anda. Tingkat obesitas itu sendiri dapat semakin bertambah jika Anda tidak melakukan pencegahan dan pengobatan apapun. Ada 3 kategori obesitas yang dimulai dengan obesitas kelas I, obesitas kelas II dan obesitas kelas III. Obesitas disebabkan oleh kurang olahraga, konsumsi makanan berlebihan, stress, sering konsumsi alkohol dan lain sebagainya. Selain dengan memperbaiki pola makan Anda, Anda juga bisa mencegah obesitas dan menurunkan berat badan dengan cara alami. Simak beberapa caranya berikut ini.

Teh Hijau

Secangkir grean tea sehari

Teh telah dipercaya sebagai bahan alami yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Teh sendiri mempunyai berbagai jenis. Salah satu teh yang sangat mujarab ialah jenis teh hijau ini. Salah satu manfaat dari teh hijau adalah sebagai pembantu dalam menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian di Penn State mengungkapkan bahwa salah satu kandungan dalam teh hijau yaitu epigallocateching-3-gallate (EGCG) sangat efektif dalam mencegah obesitas. Pasalnya, zat ini dapat memperlambat penambahan berat badan. Di samping itu, teh hijau ini juga kaya akan vitamin C, karotenid, zinc, dan masih banyak lagi. Minumlah tiga sampai empat gelas teh hijau setiap hari secara teratur untuk memerangi obesitas.

Jus Lemon

Salah satu bahan alami terbaik untuk melawan obesitas adalah jus lemon ini. Jus Lemon yang dikonsumsi secara teratur mampu meningkatkan kelancaran pencernaan. Memiliki pencernaan yang bagus dapat membantu penurunan berat badan secara efektif. Selain itu, tubuh Anda juga akan memperoleh nutrisi yang dapat membakar lemak. Ditambah lagi jus lemon ini dapat menghilangkan racun di tubuh dan melancarkan metabolisme tubuh. Minum jus lemon ini setiap hari di pagi hari saat perut Anda kosong. Lakukan selama paling sedikit 3 bulan secara teratur.

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang disebut juga dengan aloe vera ini sangat dipercayai manfaatnya bagi kesehatan. Selain manfaatnya yang dapat mengahluskan tangan, lidah buaya juga ampuh dalam mengobati obesitas. Lidah buaya berfungsi untuk stumilasi metabolisme dan meningkatkan konsumsi energi. Lidah buaya mengandung kolagen alami yang membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menyerap protein.
Caranya gampang, ambil dua buah daun lidah buaya yang segar, lalu kupas. Sendok isinya. Haluskan dengan blander sekitar 3 menit bersama sekitar satu gelas jus jeruk, atau jus anggur atau hanya dengan mencampurkannya dengan air. Minum setiap hari secara teraur sedikitnya dalam waktu satu bulan.

Tomat

Bahan alami mengatasi dan mencegah obesitas yang selanjutnya adalah tomat. Tomat mengandung komponen yang mampu mengubah kadar hormon dan akan mempengaruhi nafsu makan Anda secara langsung. Tomat juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan seperti vitamin A, C dan K serta magnesium dan folat yang sangat baik untuk kesehatan Anda bahkan dapat melawan sel kanker. Makanlah beberapa buah tomat setiap pagi ketika perut Anda masih kosong. Jangan lupa untuk memakannya bersama kulit dan bijinya.

Kol

Jenis sayuran yang satu ini mempunyai banyak penggemar, lo. Kandungan yang ada dalam kol yang disebut juga dengan phytochemical ini membantu menyeimbangkan metabolisme estrogen. Anda wajib tahu bahwa metabolisme yang tidak seimbang tidak hanya mampu menyebabkan masalah obesitas namun ia juga mampu memicu sel kanker. Konsumsilah sayur ini dengan berbagai cara sesuai kesukaan Anda seperti sup atau yang lainnya. Kol pun mengandung vitamin C yang tinggi serta rendah kalori.

Cuka Sari Apel

Cuka apel

Cuka sari apel adalah ramuan alami ke-6 yang efektif dalam mengatasi obesitas. Kandungan yang ada di dalamnya masih diteliti namun bahan alami ini telah lama dipercaya sebagai pengobatan alami kelebihan berat badan. Ambil dan campurkan dua sendok teh cuka sari apel ini ke dalam segelas air. Minum setiap pagi sebelum sarapan. Anda akan merasakan sendiri kasiatnya dengan meminumnya setiap hari. Jangan mengurangi atau pun menambah takarannya karena dapat menyebabkan turunnya kadar kalium darah dan kepadatan tulang.

Cabe Rawit

Orang Indonesia terkenal dengan selera pedasnya. Nah, cabe rawit sendiri ternyata berfungsi untuk mnegontrol tingkat obesitas dan membanu menurunkan berat badan. Cabe rawit mengandung capsaicin yang dapat menstimulasi tubuh Anda untuk membakar lemak dan menambah pengeluaran energi.
Tuangkan cabe rawit sekitar seujung atau sepersepuluh sendok the saja dahulu ke dalam segelas air panas. Peras setengah butir lemon ke dalamnya. Minumlah campuran ini secara teratur sampai paling sedikit satu bulan.

Pepaya

Sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa buah pepaya yang tinggi serat ini mampu membantu menurunkan berat badan. Anda juga bisa memvariasikan buah lain yang juga kaya serat seperti alpukat setiap harinya. Sebenarnya, semua buah-buahan yang kaya serat ampuh dalam menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan.

Daun Kari

Daun kari

Daun kari pasti sudah terkenal di asia. Daun ini di pakai sebagai penyedap untuk masakan kari. Selain manfaatnya dalam menyedapkan masakan, daun ini ternyata berkasiat pula untuk obesitas. Mengonsumsi daun kari segar sebanyak 10 lembar setiap hari akan efektif membantu mengatasi obesitas. Konsumsilah pada pagi hari. Daun kari ini juga secara langsung berfungsi untuk mengurangi kolesterol.

Demikianlah informasi mengenai 9 bahan alami untuk mengatasi obesitas yang akan sangat membantu Anda. Sebaiknya, pilih salah satu saja, namun terapkan secara teratur. Obesitas ini umumnya diawali dengan kelebihan berat badan di atas normal dahulu, Anda pasti menyadarinya. Nah, alangkah baiknya jika Anda juga berupaya mencegah obesitas sejak dini sebelum ia menjadi benar-benar berbahaya.

Add Comment