Dampak Buruk Bagi Kesehatan Karena Kekurangan Vitamin K

Seperti yang kita tahu,agar tubuh bisa tetap terjaga kesehatannya tentu membutuhkan berbagai asupan penting yang akan mendukung kesegatan tersebut, contohnya seperti asupan vitamin yang akan begitu dibutuhkan oleh tubuh kita. Setiap harinya tubuh kita membutuhkan bermacam-macam vitamin antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin D dan juga vitamin K. Masing-masing dari vitamin tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya vitamin A yang berguna untuk melindungi kesehatan mata, lalu ada juga vitamin C yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan vitamin lainnya yang memiliki tugasnya masing-masing untuk mendukung kesehatan tubuh kita.
Jika kebutuhan akan salah satu vitamin didalam tubuh, tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuhpun akan mengalami gangguan. Seperti halnya jika tubuh tidak memperoleh asupan yang cukup dari vitamin K, yang dikenal sebagai salah satu vitamin essensial bagi tubuh. Dampak buruk dari kekurangan vitamin K ini dapat kita ketahui dengan menyimak informasi berikut ini.

Dampak Buruk Bagi Kesehatan Karena Kekurangan Vitamin K.

1. Mengakibatkan Kanker.

Manfaat vitamin yang masuk ke dalam tubuh selain memberikan nutrisi, juga mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Salah satu vitamin yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker adalah vitamin K. Banyak kasus yang terjadi pada seseorang yang mengalami kanker dan telah dinyatakan bebas dari kanker namun dalam kesehariannya tubuh mereka tidak mendapat asupan vitamin K yang cukup, yang akhirnya sel kanker dapat dengan cepat tumbuh kembali dalam tubuh orang tersebut.

2. Gangguan Pada Usus.

Gangguan kesehatan lain yang ditimbulkan ketika seseorang mengalami kekurangan vitamin K yaitu akan menyebabkan kesehatan usus akan terganggu. Maka dari itu untuk mencegah masalah kesehatan usus sebaiknya anda memakan makanan yang banyak mengandung vitamin K. Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin K yang beberapa diantaranya yaitu tomat, kol, kubis, mentimun, minyak ikan, daun bawang, brokoli, selada, kacang polong, asparagus.

3. Darah Susah Membeku.

Pada saat seseorang mengalami kekurangan vitamin K, umumnya ketika terluka akibat terkena goresan benda tajam atau lainnya, darahnya sulit untuk membeku sehingga darah akan terus keluar yang akhirnya membuat seseorang tersebut bisa kehilangan banyak darah. Guna menanggulangi masalah seperti ini, tentu orang tersebut perlu dibawa ke klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan suntikan vitamin K. Hal itu dilakukan karena enzim protombin yang tersimpan dalam vitamin K sangat berguna untuk membekukan dan mengentalkan darah, sehingga darah yang keluar dari luka yang ada dibagian tubuh anda bisa segera dihentikan.

4. Pertumbuhan Janin Lambat.

Ketika seorang wanita pada masa kehamilan tentunya harus terpenuhi asupan vitaminnya supaya janin dalam kandungan bisa tumbuh sehat. Namun sebaliknya jika di masa kehamilan anda kekurangan asupan vitamin, terutama dalam hal ini yakni kekurangan vitamin K tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin, yang mana janin di kandungan akan mengalami masalah yang itu artinya pertumbuhan janin akan lambat. Tidak cuma itu saja, setiap wanita hamil yang kurang asupan vitamin K ternyata juga sangat berpeluang mengalami pendarahan internal. Jadi, bagi para ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitaminnya yang termasuk diantaranya adalah vitamin K.

5. Pendarahan Tidak Normal.

Salah satu tanda gangguan kesehatan yang diakibatkan kekurangan vitamin K adalah tubuh mengalami pendarahan yang tidak normal. Yang mana biasanya pendarahan tersebut terjadi pada gusi atau hidung. Dan yang lebih parahnya lagi, seseorang yang mengalami kekurangan vitamin K dapat dilihat dengan gejala adanya kandungan darah didalam urine yang dikeluarkan.

Itulah tadi peranan vitamin K untuk menjaga kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui, sehingga penting bagi kita untuk selalu memenuhi kebutuhan segala macam vitamin termasuk vitamin K jika kita ingin selalu mendapatkan tubuh yang sehat serta mencegah timbulnya penyakit.

Add Comment