Definisi dan Gejala Obesitas

kegemukan

Definisi Obesitas

Obesitas didefinisikan sebagai peningkatan jumlah lemak tubuh yang berlebihan. Obesitas tidak hanya soal kecantikan, namun obesitas juga meningkatkan risiko penyakit dan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Dengan menjadi sangat gemuk, berarti Anda berkemungkinan besar mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan berat badan.

kegemukan anak

Gejala Obesitas

Obesitas ditentukan dengan IMT/Indeks Massa Tubuh, yaitu bila nilai IMT seseorang 30 atau lebih. IMT Anda dihitung dengan cara membagi berat badan Anda dalam Kg dengan tinggi badan dalam meter persegi. Nilai IMT Anda juga bisa dicek dengan kalkulator berat badan di sidebar kanan web ini. Berikut adalah kategori IMT:

    • Kurang dari 18,5 : kurus
    • 18,5-24,9 : normal
    • 25-29,9 : kelebihan berat badan/overweight
    • 30 atau lebih : obesitas/kegemukan
    • 40 atau lebih : sangat obesitas

Karena IMT tidak secara langsung menghitung lemak tubuh, beberapa orang, seperti atlet berotot, mempunyai nilai IMT dalam kategori obesitas meskipun mereka tidak memiliki lemak berlebih dalam tubuh.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?

Jika Anda berpikir Anda mengalami obesitas dan terutama bila Anda yakin memiliki masalah kesehatan terkait dengan berat badan, segera diskusikan dengan dokter atau tenaga kesehatan. Anda dengan dokter Anda dapat mengevaluasi risiko kesehatan Anda dan mendiskusikan tentang pilihan penurunan berat badan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


nine + = sixteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin