Gizi Pada Anak Obesitas

Gizi Pada Anak Obesitas – Anak obesitas dapat kita tahu dari kurva pertumbuhan dan pengecekan berat badan atas indeks massa anak Anda. Ketika indeks massa anak Anda memang lebih dari berat badannya dan kurva pertumbuhannya juga tidak stabil atau justru terlampau terlalu cepat dibandingkan anak seusianya bisa jadi ini menjadi salah satu tanda bahwa anak Anda mengalami masalah obesitas.

Selain rasa tidak nyaman rasa minder juga akan terjadi ketika anak Anda mengalami masalah obesitas ini. Dan tentunya orang tua perlu untuk mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi masalah yang tidak baik pada tumbuh kembang anak Anda ke depannya. Lantas seperti apa gizi pada anak obesitas yang sangat penting untuk Anda penuhi guna mengatasi masalah obesitas pada anak Anda? Berikut ini kami akan berikan daftar lengkapnya untuk Anda tentang gizi pada anak obesitas. Anda bisa cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Gizi Pada Anak Obesitas

1. Makan makanan yang kaya serat

Didalam makanan yang kaya serat ini memang akan dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan sistem pencernaan anak dan akan memberikan banyak dampak positif kepada anak Anda. Mereka yang rajin mengonsumsi makanan mengandung serat juga akan lebih terhindar dari masalah obesitas karena pencernaan yang lancar dan proses pembuangan zat yang tidak berguna didalam tubuh juga sangat optimal.

Ada baiknya Anda berikan gizi pada anak obesitas dengan memberikan banyak makanan kaya serat seperti halnya kacang – kacangan, gandum, buah dan sayuran, roti gandum, beras merah dan juga pasta. Konsumsi juga makanan mengandung tepung seperti kentang, roti gandum dan beberapa varietas gandum terbaik.

2. Diet rendah lemak untuk anak Anda

Upayakan agar anak Anda juga bisa mengonsumsi berbagai macam kandungan gizi penting seperti protein, mineral dan sebagainya. Upayakan agar anak Anda mengonsumsi bahan makanan yang rendah lemak karena lemak akan berkontribusi meningkatkan kandungan lipid didalam tubuh anak dan akan membuat anak Anda semakin mudah gemuk. Penuhi kebutuhan kalori anak Anda dan jangan terlalu berlebihan.

3. Hindari makanan cepat saji untuk anak

Mungkin akan kita temukan informasi nilai gizi di bungkus makanan cepat saji akan tetapi sebenarnya kandungan makanan cepat saji tersebut tidak tepat karena kenyataannya makanan cepat saji malah tidak banyak dampak positifnya. Malah mengandung banyak lemak yang akan berakibat pada kolesterol anak dan mengakibatkan anak jadi lebih mudah gemuk. Upayakan Anda mulai sekarang mengenalkan anak kepada makanan yang lebih sehat. Apalagi minuman dan makanan bersoda harus segera dihindari.

4. Cukupi kebutuhan sayur dan buah anak Anda

Sayur dan buah didalamnya kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, protein, mineral penting yang notabennya sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak Anda. Berbagai macam buah dan sayur juga sangat cocok untuk dikonsumsi anak Anda secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat sehatnya.

5. Ajari anak lebih suka minum air putih

Kita sudah tahu bahwa sekitar 70% dari tubuh terdiri dari air. Karena itu anak perlu memenuhi kebutuhan air secara cukup. Ajari anak suka air putih karena air putih dapat menekan nafsu makan dan membuat tubuh jadi sehat. Anda bisa ajari anak sebelum makan mengonsumsi air putih dulu agar cepat kenyang.

Baca Juga: Solusi Obesitas Pada Anak yang Tepat

Itulah bunda sedikit informasi untuk Anda tentang Gizi Pada Anak Obesitas. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Konsumsi secara rutin untuk dapatkan manfaat sehatnya bagi anak Anda.

Add Comment