Ini Dia 5 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi, Selain Susu

Ternyata tidak hanya susu saja, ada juga beberapa makanan berkalsium tinggi yang dapat anda jadikan menu makanan sehat anda sehari-hari. Seperti yang kita ketahui, kalsium juga termasuk komponen yang punya peranan penting untuk memulihkan kinerja sistem saraf serta otot. Selain itu makanan tinggi kalsium juga bisa mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Perlu diketahui bahwa kalsium bukan cuma diperlukan oleh bayi dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan saja, namun orang dewasa pun juga membutuhkan asupan makanan berkalsium. Biasanya kita hanya mengetahui bahwa kalsium hanya terdapat pada susu saja. Memang benar demikian karena susu merupakan jenis minuman yang yang tinggi kalsiumnya.
Namun apabila anda termasuk orang yang tidak senang mengkonsumsi susu, anda pun bisa menggantinya dengan beberapa jenis makanan lainnya yang juga tinggi kalsiumnya. Lantas jenis makanan apa saja yang dimaksud? Untuk mengetahuinya, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

5 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi, Selain Susu.

1. Ikan Sarden.

Sumber makanan yang banyak mengandung kalsium tinggi salah satunya yaitu ikan sarden. Tidak hanya itu, ikan sarden juga menyimpan kandungan vitamin B12 yang dikenal memiliki manfaat dalam meningkatkan serta menjaga kesehatan sistem saraf pada otak kita. Bahkan ikan sarden ini mempunyai kandungan vitamin E yang akan berguna dalam melindungi kesehatan tulang, sehingga ikan sarden bisa menjadi menu pilihan keluarga anda.

2. Tahu.

Selain mudah didapat dan harganya pun murah, makanan tahu juga termasuk salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein dan kandungan kalsium yang tinggi. Jadi, apabila anda tidak suka mengkonsumsi tahu, mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi tahu, karena makanan yang satu ini memang terbukti banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

3. Kacang Almond.

Tidak hanya memiliki rasa yang gurih dan renyah, kacang almond ternyata juga memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan juga kacang almond ini menyimpan banyak sekali kandungan kalsium serta vitamin E. Walaupun kita memang tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengkonsumsi kacang almond karena bisa menyebabkan berat badan berlebih, namun dari hasil penelitian juga menemukan bahwa kacang almond ini juga bermanfaat untuk membuang kolesterol jahat dalam darah serta mampu untuk mengatasi hipertensi. Jika anda memang suka mengkonsumsi kacang almond, sebaiknya jangan terlalu berlebihan.

4. Sayuran Brokoli.

Mungkin diantara anda ada yang belum mengetahui jika jenis makanan atau sayuran brokoli ini memiliki kandungan kalsium tinggi dan juga menyimpan kandungan vitamin C yang tinggi. Dari sekian banyak penelitian menyimpulkan bahwa dengan rajin mengkomsumsi brokoli ini ternyata berkhasiat untuk mencegah timbulnya penyakit kanker usus dan kanker kandung kemih.

5. Buah Jeruk.

Tentunya kita semua sudah sangat mengenal dengan jenis makanan atau buah yang satu ini. Kandungan vitamin C yang tersimpan dalam buah jeruk ternyata sangat berguna untuk memulihkan dan menjaga daya tahan tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah jeruk juga sangat tinggi dan selain itu jeruk juga merupakan salah satu buah yang rendah kalori. Jadi, jika anda ingin daya tahan tubuh anda bisa tetap terjaga setiap hari, sering-seringlah mengkonsumsi buah segar yang satu ini.

Demikian penjelasan mengenai beberapa jenis makanan yang kaya akan kalsium selain susu. Sehingga jika anda ingin melengkapi kebutuhan kalsium harian, sekarang anda tentunya tidak perlu bingung lagi, karena anda bisa memilih dari kelima jenis makanan berkalisum tinggi yang kami sebutkan diatas sebagai variasi menu harian dalam memenuhi kebutuhan kalsium tubuh anda.

Add Comment