Jus Buah untuk Anemia

anemia

Anemia berasal dari bahasa Yunani yang berarti tanpa darah. Anemia adalah suatu keadaan saat jumlah hemoglobin atau sel darah merah dibawah kadar normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berguna untuk mengangkut oksigen sehingga oksigen dapat diantarkan ke seluruh tubuh. Anemia banyak jenisnya. Namun, yang akan dibahas disini adalah anemia akibat kekurangan zat besi. Anemia karena kekurangan zat besi adalah anemia yang paling umum dialami.

Zat besi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam pembuatan sel darah merah. Tanpa zat besi atau kurangnya zat besi dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang. Sel darah merah membawa oksigen yang dikirimkan ke seluruh jaringan tubuh. Secara normal, zat besi didapatkan tubuh dari asupan makanan dan penggunaan kembali zat besi dari sel darah merah yang berumur tua. Seperti kita tahu, sel darah merah hidup selama 120 hari. Ketika sel darah merah yang sudah menua mati, maka akan digantikan dengan sel darah merah baru. Anemia seing ditandai dengan gejala, seperti kelelahan atau mudah lelah, sakit kepala, sulit berkonsentrasi atau berpikir, sering juga penderita anemia memiliki kulit yang lebih pucat.

Anemia karena kekurangan zat besi dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi atau dengan meningkatkan asupan makanan yang tinggi zat besi. Berikut buah dan sayur yang dapat digunakan untuk mengatasi anemia karena kekurangan zat besi, antara lain delima, pepaya, apel, anggur, jeruk, belimbing, stroberi, jambu air, kelengkeng, rambutan, semangka, wortel, bayam, kiwi, kismis, dan kacang-kacangan termasuk kedelai. Untuk membuat buah-buah ini lebih enak, buah ini dapat divariasikan dengan jus. Berikut caranya:

Jus Jeruk Semangka

Bahan:

100 g semangka kuning

150 mL air perasan jeruk Sunkist/ jeruk mandarin/ jeruk manis

3 potong es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan semangka, air perasan jeruk, dan potongan es batu ke dalam tabung blender
  2. Haluskan dengan blender
  3. Sajikan dalam gelas

 

Coco Tonic

Bahan:

100 g lengkeng, ambil daging buahnya

60 g rambutan, ambil daging buahnya

60 g daging kelapa muda

60 g yoghurt tawar (plain yoghurt)

1 sdm susu kental manis

60 mL air kelapa

3 potong es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan lenkeng, rambutan, kelapa muda, yoghurt tawar, susu kental manis, air kelapa muda, dan es batu ke dalam tabung belnder
  2. Haluskan
  3. Sajikan dalam gelas

 

Jus Sari Brokoli

Bahan:

60 g brokoli, potong-potong

150 g melon, kupas lalu potong

100 mL susu tawar cair

1 sdm susu kental manis

3 potong es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan brokoli, melon, susu tawar, susu kental manis, dan es batu ke dalam tabung blender
  2. Haluskan dengan blender
  3. Sajikan dalam gelas
Buat hidupmu semakin sehat dengan Hidupkusehat!
Note: resep jus diambil dari buku “Buah-buahan dan Sayur-sayuran Kaya Khasiat, Pembasmi Ragam Penyakit dan Pulihkan Stamina”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


three − two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin