Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan – Labu siam termasuk jenis buah dan sayuran yang terbilang baik, serta dapat dinikmati melalui berbagai metode pengolahan. Anda dapat menggunakan labu siam sebagai bahan memasak, sampai membuatnya berupa minuman maupun kue. Juga, yang tak kalah sering menjadi metode penyajian labu siam adalah membuatnya menjadi jus labu. Mungkin memang Anda masih jarang mendengar tentang labu siam ini di negara Indonesia, tetapi khasiat di baliknya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Kandungan menyehatkan di labu siam dapat membantu tubuh Anda untuk selalu fit. Beberapa kandungan di dalam labu siam contohnya vitamin B2, B1, E, C dan juga beta karoten.

Manfaat Labu Siam sangat baik bagi kesehatan, selain mengandung banyak vitamin, labu siam pun memiliki kandungan zat bermanfaat lainnya seperti kalsium, potasium, fosfor, magnesium, zat besi, protein, karbohidrat, dan banyak mineral lain yang memiliki manfaat positif untuk tubuh Anda. Jenis tanaman labu ini mudah ditemukan pada daerah negara Malaysia, Filipina juga Indonesia termasuk dalam salah satunya. Selain itu, bahkan negara Meksiko juga sudah mulai memanfaatkan sayur labu siam ini, dan merupakan sumber karbohidrat penduduk Meksiko. Seperti yang sudah sering dibahas di http://www.lingkaranilmu.com untuk kandungan zat gizi serta manfaat labu siam. Berikut ini kami akan mengulasnya kembali untuk anda.

Kandungan Zat Gizi Per 100 Gram Labu Siam:

  • Energi19 Kcal
  • Gula1,66 gram
  • Serat1,7 gram
  • Lemak0,13 gram
  • Protein0,82 gram
  • Vitamin B1,78 mg
  • Vitamin C7,7 mg
  • Vitamin E0,12 mg
  • Vitamin K0,041 mg
  • Kalsium17 mgBesi0,34 mg
  • Magnesium12 mg
  • Fosfor18 mg
  • Potasium125 mgSeng0,74 mg

Manfaat Labu Siam Untuk Bayi

Labu siam, dengan bentuknya yang biasa-biasa saja, ternyata juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan bayi. Sayuran yang harganya cukup murah ini baik bagi ibu hamil dan kandungannya. Karena kandungan asam folat di dalam sayuran ini, maka ibu hamil yang mengkonsumsinya akan bisa mengurangi resiko proses kelahiran cacat. Dengan konsumsi asam folat, akan terkoneksi dengan berat badan bayi yang lahir rendah serta kejadian neural tube defects atau gangguan otak akan terhindari.

Jangan sampai defisiensi asam folat terjadi, biasanya ibu hamil yang mengalami defisiensi ini akan mendapat gejala anemia, di mana sel butir darah merah dan putih berkurang drastis. Kebutuhan manusia dewasa akan folat yaitu 400 mkg untuk sehari-harinya. Dan kebutuhan ini menjadi 2x lipat untuk ibu hamil, serta bertambah lagi sebanyak 50% bagi ibu yang dalam proses menyusui.

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam juga memiliki manfaat pada kesehatan, terutama menyembuhkan penyakit hipertensi. Labu siam yang kaya akan zat kalium, dapat membantu mengendalikan dan mengontrol tekanan darah, sehingga bisa mengeluarkan karbondioksida pada aliran darah, sementara itu zat kalium yang juga terdapat pada labu siam bisa membantu dalam proses kinerja simpul saraf serta otot, juga memperlancar aliran peredaran oksigen ke otak, sehingga Anda dapat berpikir dengan lebih jernih. Labu siam pun bisa membantu proses keseimbangan cairan, di mana kandungan alkaloid dalam labu siam bisa memperlancar proses dalam saluran pembuluh darah manusia. Dan, karena alasan itulah, maka sayur atau buah labu siam ini bisa mencegah seseorang terjangkit hipertensi, sebab tekanan darah dapat diturunkan, dan tubuh pun tetap bugar sepanjang hari.

Baca Juga:

Manfaat kesehatan berikutnya dari labu siam yaitu untuk mengatasi penyakit asam urat. Labu siam mempunyai efek diuretic, jadi cocok bagi penderita asam urat, serta bisa memperlancar saluran di kandung kemih serta membantu proses pengeluaran air seni. Sementara itu, kandungan vitamin B kompleks dan B3 pada labu siam bisa menurunkan kolesterol tubuh. Namun, Anda harus memakan labu siam dengan teratur untuk mendapatkan efek positif ini. Semoga informasi tentang Manfaat Labu Siam untuk bayi dan kesehatan ini bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk rajin-rajin konsumsi labu siam mulai sekarang.

Add Comment