Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Strawberry

Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Strawberry – Strawberry, buah yang seringkali di anggap mewakili perempuan dikarenakan bentuknya yang feminin, cantik, imut dan warna yang cerah, buah ini ternyata juga banyak mengandung khasiat alami bagi kesehatan tubuh. Dengan bentuknya yang cantik, rasa buah strawberry yang manis dan asam tidak kalah menarik menambah citarasa dari buah ini. Banyak juga diantaranya dijadikan minuman atau jus buah dikarenakan citarasa yang khas tersebut.

Sudah barang tentu setiap individu di dunia ini pasti tahu dan mengenal buah strawberry, bahkan pernah memakannya baik yang masih segar maupun yang telah di olah menjadi jus. Warna nya yang merah cerah disebabkan karena buah ini kaya pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi. Buah strawberry mengandung nutrisi yang luar biasa, selain antioksidan, buah ini juga kaya akan serat, rendah kalori, serta mengandung vitamin C, folat, potassium, serta asam ellagic.

Salah satu Manfaat Buah Strawberry adalah salah satu sumber terbaik vitamin C yang sangat penting untuk pembentukan kolagen – protein yang membantu memelihara struktur kulit agar tetap kencang. Vitamin C juga berperan penting untuk penyembuhan luka dan menjauhkan terjadinya ginggivitis, peradangan pada gusi yang dialami tiga dari empat orang dewasa. Strawbery juga mengandung asam elagik, senyawa fitokomia yang berkhasiat sebagai antikarsinogen yang ampuh.

Dalam sebuah penelitian, buah strawberry berada di peringkat teratas kandungan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi dari kerusakan sel-sel oleh bahan-bahan penimbul kanker. Antioksidan bereaksi dengan mencegah serta menghambat proses yang dapat mengarah pada pembentukan sel-sel kanker. Selain itu, antioksidan di dalam strawberry juga memberikan perlindungan pada hati dan antiinflamasi.

Dalam suatu penelitian terhadap ekstrak stroberi oleh Departemen of Agirculture AS, menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker payudara maupun sel kanker serviks. Dalam beberapa studi juga menunjukkan asam ellagik yang ada dalam stroberi dapat menghambat kanker hati, kerongkongan, payudara, kulit, dan kanker paru-paru yang diakibatkan oleh reaksi pencernaan bahan-bahan kimia.

Dilakuan test pada sel kanker payudara, asam ellagik dapat menghambat pertumbuhannya sampai dengan 45 persen. Kuercetin yang terdapat pada stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara. Manfaat Buah Strawberry juga baik untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi menjaga perkembangan otak janin di dalam rahim dan mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat.

Kandungan potassium dan zat besi didalam strawberry sangat baik dalam meredakan tekanan darah tinggi serta mampu membuatnya lebih seimbang. Minum 1 gelas stroberi memiliki kandungan kurang lebih 270mg potassium, potassium merupakan salah satu mineral yang disarankan ada dalam menu makanan bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi. Dalam takaran yang sama juga mengandung sekitar 4 gram serat, yang tentunya dapat membantu menurunkan kadar lemak kolesterol darah serta menyehatkan saluran pencernaan.

Pada buah Strawberry ini mempunyai efek terapi yang ternyata sangat baik untuk mencegah penyakit leukemia. Hal ini karena adanya zat yang terkandung didalamnya yaitu amine clan, asam tanae. Delapan buah stoberi atau setara dengan 1 gelas stroberi, memiliki kandungan 50 kalori serta tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Jumlah yang sama juga memberikan 30 mikrogram (ug), asam folat. Jumlah ini sebanding dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil, yakni 400 ug.

Baca Juga:

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai beberapa Manfaat Buah Strawberry bagi kesehatan tubuh. Namun perlu diperhatikan agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena buah strawberry memiliki kandungan kalium yang sebenarnya bermanfaat bagi penderita penyakit jantung, namun kalau berlebihan juga dapat membahayakn fungsi ginjal.

Add Comment