Mengenal Asam Mefenamat

ponstan, obat nyeri

Apa Itu Asam Mefenamat?

Asam mefenamat adalah suatu obat yang termasuk dalam golongan AINS (Antiinflamasi Non Steroid). Asam mefenamat bekerja dengan mengurangi hormon yang menyebabkan inflamasi atau peradangan serta nyeri di tubuh.

Apa Informasi yang paling penting yang harus diketahui tentang asam mefenamat?

Asam mefenamat dapat meningkatkan risiko pada jantung atau pembuluh darah yang mengancam jiwa, seperti serangan jantung atau stroke. Sebaiknya tidak menggunakan obat ini sebelum atau setelah pembedahan bypass jantung.

Segera cari pertolongan apabila Anda mengalami gejala masalah pada jantung atau pembuluh darah, seperti nyeri dada, lemah, nafas pendek, susah berbicara, atau masalah pada penglihatan atau keseimbangan.

Asam mefenamat juga dapat meningkatkan risiko efek serius pada lambung atau usus, termasuk perdarahan atau perforasi (terbentuknya lubang). Kondisi ini dapat menjadi fatal dan efek pada saluran cerna ini dapat terjadi tanpa adanya peringatan saat Anda menggunakan asam mefenamat. Orang dewasa memiliki risiko yang lebih besar mengalami efek samping pada saluran cerna ini.

Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami gejala perdarahan di lambung atau usus. Gejala yang dimaksud, meliputi feses yang hitam atau berdarah, atau batuk darah atau muntah dengan warna seperti kopi.

Apa yang seharusnya didiskusikan dengan tenaga kesehatan sebelum menggunakan asam mefenamat?

Menggunakan obat-obat golongan AINS dapat meningkatkan risiko masalah pada jantung atau sirkulasi darah, termasuk serangan jantung atau stroke. Risiko ini akan meningkat seiring dengan lama penggunaan asam mefenamat. Sebaiknya tidak menggunakan obat ini sebelum atau sesudah menjalani pembedahan bypass jantung.

AINS juga dapat meningkatkan risiko efek serius pada lambung atau usus, termasuk perdarahan atau perforasi. Kondisi ini dapat menjadi fatal dan efek pada saluran cerna ini dapat terjadi tanpa ada peringatan. Orang dewasa memilki risiko yang lebih besar mengalami efek samping pada saluran cerna.

Sebaiknya tidak menggunakan asam mefenamat apabila Anda memiliki alergi terhadap aspirin, asam mefenamat, atau obat AINS lainnya.

Jika Anda mengalami kondisi-kondisi berikut, mungkin Anda perlu mendapatkan penyesuaian dosis atau tes khusus agar aman menggunakan asam mefenamat:

      • Riwayat mengalami serangan jantung, stroke, atau penggumpalan darah
      • Serangan jantung, gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi
      • Penyakit liver (hati) atau ginjal
      • Asma
      • Polips di hidung
      • Bila Anda merokok

Asam mefenamat untuk ibu hamil termasuk dalam kategori C. Belum diketahui apakah asam mefenamat dapat berbahaya untuk janin. Sebelum menggunakan asam mefenamat, beritahukan jika Anda hamil atau merencanakan hamil selama menggunakan asam mefenamat. Belum diketahui juga secara pasti apakah asam mefenamat dapat melewati air susu ibu ataukah dapat membahayakan bayi yang mendapatkan ASI. Sebaiknya tidak menggunakan asam mefenamat bila Anda sedang menyusui tanpa memberitahukan dokter Anda bila Anda sedang dalam masa menyusui. Jangan memberikan asam mefenamat pada anak kurang dari 2 tahun tanpa saran dokter.

Bagaimana seharusnya menggunakan asam mefenamat?

Gunakan asam mefenamat sesuai dengan yang diresepkan. Jangan menggunakan dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih lama dari yang dokter Anda sarankan. Ikuti petunjuk pada etiket obat.

Simpan asam mefenamat di temperatur ruangan, jauh dari lembab, panas, dan cahaya langsung.

Bagaimana bila lupa minum obat?

Jika Anda lupa minum obat, segera minum saat Anda ingat. Namun, bila waktu minum obat selanjutnya sudah dekat, lewatkan obat yang terlupa dan minumlah obat pada waktu selanjutnya. Jangan menggunakan obat berlebihan bila Anda lupa minum obat.

Bagaimana jika overdosis?

Segera cari pertolongan medis jika Anda terlalu banyak menggunakan asam mefenamat. Gejala-gejala overdosis, antara lain mual, muntah, nyeri lambung, pusing, mengantuk, feses hitam atau berdarah, batuk berdarah, kencing yang lebih sedikit dari sebelumnya atau tidak sama sekali, nafas yang dangkal, pingsan, atau koma.

Apa yang seharusnya dihindari bila menggunakan asam mefenamat?

Jangan menggunakan obat flu, alergi, atau obat nyeri lainnya tanpa bertanya lebih dulu pada dokter atau apoteker. Banyak obat bebas maupun bebas terbatas yang mengandung obat yang mirip dengan asam mefenamat, seperti aspirin, ibuprofen, ketoprofen, atau naproksen. Jika Anda menggunakan obat-obat tersebut bersamaan dengan asam mefenamat, Anda mungkin secara tidak sengaja menggunakan jenis obat ini terlalu banyak. Baca label obat lain yang Anda gunakan bila mengandung aspirin, ibuprofen, ketoprofen, atau naproksen. Jangan mengkonsumsi alkohol selama menggunakan asam mefenamat. Alkohol dapat meningkatkan risiko perdarahan lambung.

Efek samping asam mefenamat

Segera cari pertolongan medis jika Anda menemukan tanda-tanda reaksi alergi, seperti gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan pada wajah, mulut, lidah, atau tenggorokan. Hentikan penggunaan asam mefenamat dan segera cari pertolongan medis atau dokter Anda jika Anda mengalami efek samping serius berikut ini:

      • Nyeri dada, lemah, nafas pendek-pendek, susah bicara, bermasalah dengan penglihatan atau keseimbangan.
      • Feses hitam atau berdarah, batuk berdarah atau muntah dengan warna seperti  kopi.
      • Kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali.
      • Nyeri, seperti terbakar, atau berdarah saat buang air kecil.
      • Mual, nyeri lambung, demam, hilangnya nafsu makan, urin berwarna gelap, feses berwarna seperti tanah liat, jaundice (kuning-kuning pada kulit atau mata)
      • Demam, radang tenggorokan, dan sakit kepala dengan kulit melepuh, terkelupas, ruam kulit
      • Memar, kesemutan hebat, mati rasa, nyeri, lemah otot

Efek samping yang tidak serius meliputi:

      • Rasa tidak nyaman di lambung, nyeri lambung, diare, konstipasi; kembung
      • Pusing, gugup
      • Gatal atau ruam pada kulit
      • Mulut kering
      • Berkeringat, keluar ingus
      • Pandangan kabur
      • Berdengung di telinga

Informasi dosis asam mefenamat

Dosis lazim dewasa untuk nyeri:

      • 500 mg diikuti dengan 250 mg tiap 6 jam bila perlu, tidak lebih dari 7 hari.

Dosis lazim dewasa untuk dismenore (nyeri saat menstruasi):

      • 500 mg diikuti 250 mg tiap 6 jam diminum sejak mulai menstruasi.

Dosis lazim anak-anak untuk nyeri:

      • 14-18 tahun: 500 mg diikuti 250 mg tiap 6 jam bila diperlukan, tidak lebih dari 7 hari.

Obat-obat apa saja yang dapat mempengaruhi asam mefenamat?

Beritahukan pada dokter Anda bila Anda menggunakan obat-obat untuk depresi. Menggunakan obat antidepresan dengan asam mefenamat dapat menyebabkan memar atau berdarah dengan mudah.

Sebelum menggunakan asam mefenamat, beritahukan pada dokter Anda bila Anda menggunakan obat berikut:

      • Pengencer darah, seperti warfarin
      • Obat-obat diuretik, seperti furosemid
      • Siklosporin
      • Lithium
      • Methotrexate
      • Steroid, seperti prednison
      • Aspirin atau AINS lainnya, seperti diklofenak, etodolak, fenoprofen, flurbiprofen, ibuprofen, indometasin, ketoprofen, ketorolak, meloksikam, naproksen, piroksikam.

 

Sumber: drugs.com

6 Responses to Mengenal Asam Mefenamat

  1. adi says:

    temenku bilang kalo capek dia biasanya minum asam mefenamat, dia bilang dokter disaranin oleh dokter..

    benar gak sih??
    makasih atas jawabanya

    • ERIA ARUM says:

      asam mefenamat dapat meredakan nyeri, ngilu-ngilu.. mungkin itu yang menyebabkan dokter menyarankan untuk meminum asam mefenamat.. Menurut saya sebaiknya tidak terlalu sering juga.. Namanya obat pasti juga ada efek sampingnya, walaupun tidak langsung terjadi saat itu juga, perlu proses yang lama juga..
      Saran saya, ikuti pola hidup sehat saja.. Makan yang sehat, teratur, bergizi.. Olahraga yang teratur.. Tidur yang cukup, minimal 4 jam…
      Capek itu terjadi karena otot-otot yang tegang.. Olahraga saja minimal 30 menit sehari sdh cukup mengurangi capek-capeknya.. badan juga lebih segar…

  2. MADE CATUR says:

    bahayakah asam mefamat bagi penderita hipertansi..?kedua ortu saya slalu meminum asam mefamat tanpa resep dr dokter .;mohon saranya thanks

    • ERIA ARUM says:

      obat anti nyeri seperti asam mefenamat dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter apakah diperbolehkan atau tidak. Terimakasih..

  3. adara says:

    Aku sakit gigi, trus disaranin minum obat ” asam mefenam 500mg ” sama ” dexamthasone 0.75mg “, emang sih nyeri giginya udah mendingan, tapi tiap mnum obat ntu kulit aku rasanya gatalĀ² sama kerasa panas …
    Apa ntu wajar ?
    Mohon sarannya dong …

    • ERIA ARUM says:

      mungkin Anda alergi terhadap asam mefenamat atau deksametason.. sebaiknya tidak dilanjutkan bila Anda alergi terhadap salah satu obat tersebut. Segera konsultasikan ke dokter Anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight − seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin