Menyeimbangkan Hormon dengan Minyak Zaitun

wpid-minyak-zaitun.jpg

Tipe utama lemak dalam minyak zaitun disebut dengan Monounsaturated Fatty Acid (MUFA). Tipe lemak ini dipercaya memberikan manfaat lebih dalam diet Anda, terutama bila minyak zaitun ini menggantikan lemak trans yang kurang menyehatkan. Meskipun lebih menyehatkan, minyak zaitun mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga sebaiknya digunakan secukupnya.

Minyak zaitun dan fungsi hormon

Lemak yang menyehatkan, seperti minyak zaitun ini, membantu membentuk membran sel yang sehat dan responsif, membantu hormon menempel pada sel dengan mudah. Meskipun keseluruhan mekanisme proses ini belum dipahami, diduga lemak tipe ini membantu menjaga tipe reseptor sel, dimana hormon berikatan, diperbaiki, dan bekerja dengan semestinya. Menurut Dr. Michael Aziz dalam artikel di tahun 2010 “Hormon: Keseimbangan dalam Tubuh yang Sehat,” ketika seseorang mengonsumsi lemak trans, lemak tersebut bergabung dengan sel-sel kita, dan sel tidak dapat berkomunilasi dengan sel lainnya. Sehingga, hormon akan terganggu dan menyebabkan peningkatan berat badan. Berbagai kondisi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, termasuk kurang tidur, merokok, stres, pengobatan tertentu, dan diet yang tidak sehat.

Lemak hewani mengandung asam lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol dan mengganggu keseimbangan hormon. MUFA yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat menurunkan LDL dan kadar gula darah. Sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan diabetes.

Antioksidan

Minyak zaitun juga mengandung antioksidan seperti vitamin E, K, dan polifenol yang diduga meningkatkan kesehatan dan mengurangi efek penuaan. Selain minyak zaitun, lemak yang menyehatkan juga dapat diperoleh melalui alpukat, telur dan kacang.

Penyimpanan

Panas, cahaya, dan udara dapat mempengaruhi rasa dari minyak zaitun dan mungkin nutrisi yang menyehatkan dalam minyak zaitun tersebut. Sehingga, penyimpanan yang terbaik adalah di tempat gelap, suhu ruangan, atau dalam lemari pendingin.

 

Sumber: Livestrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


nine + = eleven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin