Penyebab dan Cara Mengatasi Tubuh Cepat Lesu

Tentunya kita pernah merasakan tubuh kita seakan tidak bertenaga dan tak bersemangat. Terkadang kita berfikir rasa lemas dan lesu tersebut terjadi karena adanya faktor kurang istirahat dan terlalu lelah dalam melakukan pekerjaan atau aktifitas sehari-hari. Mungkin bagi sebagian orang sering mengatasi hal tersebut dengan memimun secangkir kopi, agar mata kembali segar dan terhindar dari rasa kantuk. Namun dengan solusi meminum kopi tersebut tidak akan menjamin tubuh dapat kembali bertenaga dan rasa lesupun hilang, justru dengan terlalu sering meminum kopi ini akan membuat kita merasa ketagihan dan ujung-ujungnya malah menimbulkan gangguan pada kesehatan.


Maka dari itu perlu bagi kita untuk memahami kondisi tubuh secara keseluruhan, dan mencari tahu segala penyebab yang membuat tubuh kita cepat merasa lemas dan lesu. Karena dengan kita mengetahui secara jelas penyebab dan cara mengatasi rasa lesu dan lemas yang selalu mengganggu hari-hari kita, tentunya akan membuat kita mengetahui cara yang tepat untuk membantu meringankan masalah tersebut.
Dibawah ini ada beberapa penjelasan ringkas mengenai cara untuk mengatasi tubuh yang cepat merasa lesu dan apa saja yang menjadi faktor penyebabnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tubuh yang Cepat Lesu.

1. Kekurangan Vitamin B12.

Agar tubuh bisa memproduksi sel darah merah serta melindungi neuron supaya bisa selalu befungsi secara normal, tentunya tubuh kita membutuhkan asupan vitamin B12 yang cukup. Makanya wajar saja jika anda kekurangan vitamin B12 pastinya tubuh akan gampang sekali letih dan lelah. Jadi, apabila anda merasa letih yang disertai dengan munculnya gejala kaki kesemutan dan gelisah, itu merupakan salah satu tanda bahwa anda sedang kekurangan vitamin B12. Dan untuk mengatasinya, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter yang ahli dibidangnya agar bisa mendapat pengobatan secara tepat.

2. Tubuh Kekurangan Zat Besi.

Tubuh kita memang sangat memerlukan asupan zat besi supaya tubuh bisa membangun senyawa hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam darah. Jadi, ketika tubuh sedang kekurangan zat besi tentunya akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada asupan hemoglobin di dalam darah yang akan menyebabkan tubuh cepat merasa letih, pusing, dan juga lemas. Untuk mengatasinya, anda bisa memperbanyak konsumsi jenis makanan yang kaya akan zat besi seperti diantaranya madu, kacang, telur dan lainnya.

3. Kurang Melakukan Olahraga.

Agar tubuh kita bisa selalu sehat dan bugar setiap hari, kita memang perlu melakukan olahraga secara teratur. Sebab apabila tubuh kita kurang melakukan gerakan atau jarang beraktivitas, secara otomatis hal itu bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah lesu. Untuk mengatasinya, lalukanlah olahraga secara rutin setiapnya harinya minimal setengah jam dalam sehari.

4. Seringkali Mengalami Stres.

Usahakanlah anda untuk selalu bisa terhindar dari stres, sebab jika anda terlalu sering merasa stres hal itu bisa mengakibatkan produksi hormone kortisol didalam tubuh menjadi terganggu. Gejala yang ditimbulkan jika seseorang mengalami kekurangan hormone kortisol adalah nafsu makan berkurang dan sulit tidur, sehingga membuat tubuh menjadi cepat terasa lesu dan lemas. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan meditasi selama kurang lebih 20 menit setiap harinya secara rutin. Cara ini dipercaya bisa menghilangkan pikiran stres karena masalah-masalah yang sedang anda hadapi.

5. Kekurangan Cairan Tubuh.

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan bisa membuat suasana hati menjadi tidak stabil. Untuk mengatasinya anda bisa memperbanyak konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Hal itu karena kebutuhan asupan cairan setiap orang berbeda-beda bergantung pada padatnya aktivitas yang mereka kerjakan setiap harinya.

Tentunya tubuh yang cepat merasa lesu dan lelah membuat kita enggan untuk beraktivitas. Dan semua itu pastinya akan sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari dan membuat kita menjadi tidak maksimal dalam mengerjakan segala hal. Maka dari itu kami harapkan setelah anda mengetahui penyebab dan cara mengatasi tubuh yang mudah lesu yang telah kami sampaikan diatas dapat memberikan solusi bagi anda ketika mengalami gangguan kesehatan seperti ini.

Add Comment