Penyebab Gigi Berlubang Selain Makanan Manis

Penyebab Gigi Berlubang Selain Makanan Manis – Gigi berlubang merupakan permasalahan bagi kebanyakan orang. Yang kita semua tahu makanan manislah yang menjadi faktor utama penyebab gigi berlubang. Tetapi jangan salah masih banyak faktor lain yang menyebabkan gigi berlubang yang tidak anda sadari. Terlalu sering ngemil, serta sering mengabaikan kebersihan gigi dan mulut juga bisa membuat gigi berlubang dan masalah mulut lainnya.

Masalah gigi berlubang merupakan masalah permanen yang merusak gigi. Gigi berlubang ini dapat menyerang siapa saja baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya anak-anak lebih rentan memiliki gigi berlubang karena enamel pada gigi anak-anak belum matang sehingga mudah keropos. Apa bila gigi berlubang tidak segera ditangani akan membuat lubang semakin membesar. Oleh sebab itu jika gigi anda berlubang segeralah ke dokter gigi untuk melakukan pengobatan. Untuk menghindari gigi berlubang ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, berikut adalah ulasan lengkapnya.

penyebab gigi berlubang

Penyebab Gigi Berlubang Selain Makanan Manis

1. Bakteri
Ada banyak bakteri yang menyebabkan gigi berlubang yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus, enam spesies dari bakteri streptokokus, dan bakteri Odontomyces viscoses. Bakteri tersebut adalah penyebab utama dari terjadinya gigi berlubang. Bakteri tersebut sulit untuk dihilangkan dan hidup di rongga mulut manusia. Jika anda menjaga kesehatan mulut bakteri ini akan tumbuh berkembang biak dengan subur di mulut anda.

2. Timbul Plak Pada Gigi
Bakteri yang ada di rongga mulut manusia itu berkembang melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Apalagi jenis makanan dan minuman yang mengandung zat gula. Apabila mulut tidak dibersihkan dari zat gula tersebut bakteri akan memproduksi asam yang akan menjadi plak. Kandungan zat asam yang ada di plak dapat mengikis enamel gigi sehingga gigi menjadi mudah berlubang.

3. Pola Makan
Tidak hanya makanan manis, makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi bisa memicu terjadinya kerusakan pada gigi. Sebagai contoh jenis makanan seperti makanan bertepung yaitu kripik, biscuit, roti, pretzel, selain itu juga coklat, minuman bersoda, permen, dan gula juga bisa merusak gigi. Obat-obatan yang anda konsumsi juga bisa mengandung gula sehingga untuk menjaga gigi sebainya anda segera menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

4. Kebersihan Mulut Yang Tidak Dijaga
Setiap dokter gigi menganjurkan untuk minimal menggosok gigi dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Jika anda mengabaikan hal ini bisa membuat gigi menjadi berlubang. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride yang melindungi gigi dari kerusakan. Gigi yang berlubang dapat membuat sakit gigi yang sangat mengganggu aktifitas serta bau mulut yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri.

5. Merokok
Perokok yang aktif memiliki peluang gigi berlubang yang lebih besar. Ini dikarenakan kandungan tembakau yang ada pada rokok mengganggu produksi air liur di mulut sehingga air liur tidak berfungsi dengan semestinya yaitu untuk menjaga kebersihan gigi.

Baca Juga:

Demikian itu adalah penyebab gigi berlubang yang harus anda ketahui. Gigi berlubang bisa menyebabkan sakit gigi serta gangguan kesehatan lainnya yang cukup mengganggu.

Add Comment