Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Liver

Penyakit liver adalah kerusakan fungsi hati yang dapat menyebabkan gangguan sehingga menimbulkan penyakit. Hati memiliki banyak fungsi dalam tubuh, maka jika hati rusak, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh. Hati dapat rusak dengan berbagai cara. Sel dapat meradang misalnya penyakit hepatitis. Liver dapat rusak oleh bahan kimia dan mineral atau masuknya sel sel kanker. Saya akan jelaskan tentang penyebab penyakit liver dan gejala gejala penyakit liver sebagai berikut.

Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Liver
Penyakit Liver

1.  Alkohol
Meminum alkohol dalam jangka waktu yang dalam dapat menyebabkan penyakit liver. Alkohol secara langsung beracun untuk sel sel hati dan dapat menyebabkan peradangan hati yang disebut alcoholichepatitis.

2. Obat obatan
Sel sel hati dapat meradang sementara atau rusak permanen karena meminun obat obatan. Beberapa obat obatan yang diminum overdosis dapat menyebabkan kerusakan hati. Sementata obat obatan yang lain dapat menyebabkan kerusakan kerita diminum dengan dosis yang tepat.

3. Gen
Sebuah gen abnormal yang diturunkan dari orang tua Anda. Suatu zat yang ebangun hati Anda yang mengakibatlan kerusakan. Penyakit hati genetik yaitu:

A. Wilson’s disease
B. Hemochromatosis
C. Oxalosis dan hyperoxaluria

4. Infeksi
Virus dan bakteri dapat menginfeksi hati yang dapat menyebabkan peradangan dan mengurangi fungsi hati. Virus yang dapat menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar melalui darah atau air mani, atau kontak dengan orang yang terinfeksi. Jenis yang paling umum dari infeksi yaitu hepatitis.

5. Kanker
Kanker primer hati timbul dari struktur hati dan sel sel. Contohnya adalah hepatocellular carsinoma dan cholangiocarsinoma. Kanker sekunder hati dimulai pada organ lain dan menyebar ke hati. Kanker yang umumnya yang menyebar ke hati adalah paru paru, payudara, usus besar, lambung dan pankreas.

Gejala gejala umum yang dialami oleh penderita penyakit liver:

  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri pada perut bagian kanan
  • Perubahan warna pada kulit karena tingginya bilirubin dalam darah
  • Kulit yang gatal
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kecenderungan mudah memar
  • Mudah lelah
  • Kaki dan pergelangan kaki membengkak
  • Sakit pada perut dan terjadi pembengkakan
Dengan anda mengetahui gajala umum penyakit Liver maka anda bisa secepat menanganinya dengan cara mengkonsultasi ke dokter dan lakukan pengobatan, Nah Penyebab dan gejala penyakit liver yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

Add Comment