Solusi Obesitas Pada Anak yang Tepat

Solusi Obesitas Pada Anak yang Tepat – Sebagai orang tua menjaga kesehatan anak memang sangat penting. Hal ini tentu bukan berarti hanya mencegah anak dari sakit saja akan tetapi memenuhi kebutuhan harian anak yang sangat penting juga perlu dipikirkan. Ada baiknya agar anak – anak juga diperhatikan indeks massa tubuhnya agar bisa tahu apakah anak mengalami obesitas atau tidak karena masalah obesitas ini akan menjadi sebuah masalah besar kalau tidak segera diatasi.

Dan jika Anda sudah menghitung indeks massa tubuh anak Anda dan ternyata kedapatan anak Anda mengalami masalah obesitas, berikut ini kami akan berikan informasi beberapa solusi obesitas pada anak yang tepat Anda lakukan agar masalah obesitas pada anak segera diatasi. Yuk bunda langsung cek dan simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Solusi Obesitas Pada Anak yang Tepat

Perhatikan makanan yang diberikan
Upayakan untuk Anda kurangi mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food. Jika sebelumnya memang anak Anda suka mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food, minimal Anda menjauhkan dulu sedikit demi sedikit sampai anak lupa dengan apa yang disuka. Camilan manis atau makanan dengan kandungan lemak tinggi juga harus Anda hindarkan dari pikiran anak Anda. Ganti dengan mengonsumsi buah dan susu yang rendah lemak pada anak Anda. Berikan porsi yang sesuai ketika makan.

Berikan sarapan dan bekal untuk anak
Sarapan juga merupakan salah satu awal yang sangat baik untuk anak Anda memulai harinya. Dengan sarapan anak Anda akan bisa beraktivitas dengan semangat dan tanpa lapar. Karena itu upayakan Anda berikan sarapan pada anak dan senantiasa biasakan diri anak Anda selalu membawa bekal secara rutin agar anak bisa makan makanan sehat dan tidak suka jajan sembarangan.

Perbaiki teknik Anda dalam mengolah makanan
Upayakan jangan sampai Anda terlalu banyak menggoreng makanan karena makanan yang digoreng terdapat kandungan lemak jahat yang memicu obesitas didalamnya. Anda harus mulai mencoba untuk memberikan makanan kukus atau rebus pada anak. Sebagai variasi makanan panggang dapat Anda berikan supaya anak tidak bosan.

Tetapkan aturan makanan
Biasakan agar anak Anda selalu makan di meja makan. Mengapa? Karena kecenderungan anak yang makan sambil menonton televisi akan membuat dia tidak sadar bahwa dia sudah makan banyak. Sementara makan dengan melakukan aktivitas hanya makan saja akan membuat anak fokus dan makan sesuai porsinya.

Batasi aktivitas bermain game pada anak
Melakukan kegiatan seperti nonton televisi berjam – jam, nonton video berjam – jam, dan ngegame berjam – jam memang akan dapat membuat masalah besar pada anak. Anak Anda yang suka melakukan kegiatan tersebut tentu akan menjadikan anak mengalami obesitas karena kondisi tersebut tidak membuat anak bergerak dan hanya menciptakan perilaku pasif pada anak Anda. Upayakan Anda alihkan perhatian anak dari hal tersebut dengan memberikan kegiatan yang lebih aktif untuk dia seperti bersepeda, berkebun, memasak dan sebagainya.

Ajak anak melakukan kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik
Ketika ada hari libur yang panjang, Anda bisa rencanakan dengan anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan olahraga bersama seperti halnya lari pagi, renang, jogging, badminton dan olahraga lain. Atau Anda juga dapat merencanakan liburan bersama di pantai atau sebagainya.

Baca Juga: Obat Batuk Alami Ampuh untuk Anak-anak

Itulah sedikit solusi yang dapat Anda coba terapkan. Semoga informasi diatas tentang Solusi Obesitas Pada Anak yang Tepat menjadi informasi yang bermanfaat. Dan selamat mencoba bunda.

Add Comment