Waspadai Dampak Buruk Akibat Kekurangan Lemak Bagi Tubuh

Didalam kehidupan semua memang membutuhkan keseimbangan, begitu juga dengan kondisi tubuh. Semua organ tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya, jika asupan nutrisi yang masuk didalamnya juga tercukupi dengan baik, tidak terlalu berlebihan tetapi juga tidak terlalu kekurangan. Hal ini juga berlaku untuk zat lemak didalam tubuh. Banyak diantara kamu yang takut dan enggan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, dikarenakan melihat efek buruk dari zat tersebut. Banyak orang terutama wanita yang sangat hati-hati dalam menjaga asupan lemak ini, karena khawatir sebab lemak adalah salah satu zat yang sangat bertanggung jawab jika tubuh mengalami kenaikan berat badan.
Banyak wanita yang justru melakukan diet lemak ini dengan ketat supaya tubuh yang langsing dan proporsional dapat mereka dapatkan. Memang bagi seorang wanita memiliki tubuh yang ramping menjadi idaman dan tak jarang para wanita ini rela tidak bisa makan enak hanya demi menjaga berat badan mereka. Makanan berlemak adalah salah satu makanan yang paling harus dihindari jika tidak ingin timbunan lemak ini mengisi bagian perut, lengan dan paha. Mengapa zat lemak ini menjadi momok yang paling ditakuti oleh para wanita termasuk kamu? sebab zat lemak didalam tubuh tidak mudah untuk dicerna dan banyak sekali penyakit berbahaya yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi lemak ini, contohnya saja stroke, jantung, dan penyumbatan pembuluh darah.
Namun yang perlu kamu tahu disini, meskipun zat lemak ini sangat terkenal dengan keburukannya, bukan berarti lemak ini tidak memiliki manfaat sama sekali bagi tubuh. Peranan lemak ini tetap dibutuhkan oleh tubuh kamu, yang akan berguna untuk melindungi tubuh dari perubahan suhu, melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh, sebagai zat yang dapat mengangkut vitamin yang bisa larut didalam lemak, melindungi organ vital tubuh, sebagai sumber energi bagi tubuh dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itu sangat disarankan untuk kamu yang sedang menjalani diet lemak harus tetap memperhatikan dampak buruk akibat kekurangan zat lemak didalam tubuh.
Kamu boleh membatasi asupan lemak dalam tubuhmu, tetapi jangan benar-benar menghindarinya sama sekali, jika kamu tidak ingin masalah kekurangan lemak ini akan memberi dampak buruk bagi tubuhmu. Dan inilah akibat tubuh kekurangan lemak yang harus kamu tahu.

Dampak Buruk Akibat Kekurangan Lemak Bagi Tubuh.

1. Menyebabkan Masalah Leukimia.

Yang harus kamu ketahui dari dampak buruk kekurangan zat lemak bagi kesehatan adalah karena dapat menyebabkan tubuh terserang penyakit berbahaya yaitu kanker darah atau lebih dikenal dengan sebutan leukimia. Leukimia adalah penyakit pada sistem peredaran darah yang diakibatkan oleh adanya produksi sel darah putih yang tidak normal, yang akhirnya mengganggu sistem produksi sel darah merah seta trombosit didalam tubuh. Lemak ini juga berguna untuk menjaga keseimbangan sel darah. Untuk itu jangan anggap sepelekan fungsi lemak dalam tubuh, karena penyakit leukimia dapat dengan mudah menyerang tubuh yang kekurangan zat lemak.
Penyakit leukimia akan menghancurkan bagian sumsum tulang belakang, sehingga jika seseorang dinyatakan positif terserang leukimia ini, harus segera mendapatkan penanganan seperti transplantasi sumsum tulang belakang, dan transfusi sel darah merah serta harus menjalankan kemoterapi. Pada umumnya tanda awal dari penyakit leukimia ini adalah terjadinya pendarahan di kulit, timbulnya infeksi, nyeri di bagian perut, terjadinya pembengkakan pada bagian limfa dan juga anemia.

2. Menyebabkan Penyakit Stroke.

Selain penyakit jantung, kamu juga harus selalu waspada dengan penyakit lain yang akan timbul jika tubuhmu tidak memperoleh asupan lemak dengan baik setiap harinya. Penyakit tersebut adalah stroke, penyakit stroke ini juga termasuk salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja dengan kondisi tubuh lemah. Stroke ini juga bisa dipengaruhi oleh kadar lemak dalam tubuh. Apabila jumlah lemak jahat dalam tubuh menumpuk maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak. Maka dari itu jika tiba-tiba kepala terasa sangat sakit yang begitu parah kamu harus waspada karena itu tak lain adalah gejala penyakit stroke. Gejala lain yang dapat terjadi adalah gangguan pada penglihatan, sulit untuk bicara dan berjalan, serasa mati rasa, tubuh lemah dan merasa bingung.
Untuk mencegah penyakit stroke ini, kamu harus selalu rutin berolahraga, menjaga berat badan agar selalu pada kondisi normal dan idealnya, jangan merokok, jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol, konsumsi makanan sehat yang bergizi, bernutrisi dan bervitamin seperti sayuran dan buah-buahan, serta menjauhi makanan yang menyimpan lemak jahat.

3. Mengakibatkan Penyakit jantung.

Salah satu diantara beberapa masalah yang muncul akibat tubuh kekurangan lemak adalah munculnya gangguan pada jantung. Kelebihan dan kekurangan zat lemak didalam tubuh akan menimbulkan penyakit jantung. Saat kadar lemak jahat atau LDL didalam tubuh berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung ini, dan saat tubuh terlalu sedikit memiliki pasokan zat lemak baik atau HDL juga akan menimbulkan penyakit yang satu ini. Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti obesitas, hipertensi, stres, pola hidup yang buruk dan karena adanya faktor keturunan.
Gejala serangan jantung yang perlu kamu waspadai seperti jantung berdebar-debar, timbulnya pembengkakan pada bagian tertentu, merasa mual, nyeri pada bagian dada, kepala terasa sakit , mudah merasa lelah dan pingsan. Sebagai tindak pencegahan penyakit mematikan ini maka rajin-rajinlah untuk melakukan olahraga, jauhi rokok, selalu mengontrol tekanan darah dan hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

4. Timbulnya Masalah Kulit Kering dan Kasar.

Secara tidak langsung jika tubuhmu kekurangan asupan lemak setiap harinya, maka kamu akan segera berhadapan dengan masalah kulit. Sebab dengan tidak adanya kesediaan zat lemak dalam tubuh maka tidak ada yang bertugas untuk melindungi dan menjaga kulit agar tetap sehat. Lemak didalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting yaitu sebagai pelumas dan bila dipanaskan lemak ini akan bersifat cair. Maka kamu tak perlu heran jika saat kamu melaksakan diet lemak dengan ketat kulit cantik yang kamu miliki akan berubah menjadi kering dan kasar.
Tentunya tidak hanya menimbulkan masalah pada kulit saja, saat tubuh tidak mendapat asupan lemak, akan membuat kamu lebih cepat mengalami depresi, menjadi lebih sensitif atau emosional, rambutmu juga akan terasa kasar, kering, berketombe dan kukumu pun akan cepat patah karena rapuh.

Hidup sehat adalah kunci dari tubuh yang sehat pula, karena dengan selalu menjaga pola hidup yang baik dan pola makan yang baik pula, secara otomatis tubuh akan mendapatkan pengaruh baiknya. Ingatlah tubuhmu juga membutuhkan asupan lemak setiap harinya, sehingga penuhilah kebutuhan lemak agar segala macam penyakit dapat dihindari.

Add Comment